Pemerintah Ingin Persiapan Asian Games Rampung 2017

ogaydewa.blogspot.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani optimistis persiapan Asian Games XVIII tahun 2018 bisa selesai tepat waktu. Malah, dari target persiapan usai pada awal 2018, pemerintah mempercepatnya menjadi akhir 2017.

"Sebab, pembangunan ataupun renovasi venue dan fasilitas atlet sudah berjalan semua," ujar Puan saat memberikan keterangan pers terkait rapat terbatas persiapan Asian Games XVIII Jakarta-Palembang di Istana Kepresidenan, Senin, 24 Oktober 2016.

Sebagaimana diketahui, persiapan Asian Games XVIII meliputi beberapa hal yaitu infrastruktur, penyelenggaraan, serta atlet. Infrastruktur menjadi tanggung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, penyelenggaraan menjadi tanggung jawab Kementerian Pemuda serta Olahraga serta Komite Olimpiade Indonesia, dan atlet menjadi tanggung jawab Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Terkait infrastruktur, fokusnya ada persiapan transportasi atlet, wisma atlet, dan venue-venue yang akan dipakai. Di Jakarta, persiapan infrastruktur yang akan menjadi perhatian adalah perbaikan Gelora Bung Karno, pembangunan wisma atlet di Kemayoran, dan velodrome. Sementara itu, untuk di Palembang, perhatian ada di pembangunan venue dan kampung atlit di Jakabaring.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengaku optimistis target akhir 2017 yang dikatakan Puan itu bisa tercapai. Sebab, pembangunan beberapa fasilitas atlet sudah terlihat perkembangannya. Sebagai contoh, di Jakarta, pembangunan wisma atlet di Kemayoran sudah mencapai 25 persen sementara perbaikan Gelora Bung Karno mencapai 3 persen.

Contoh lain, untuk wisma atlet di Jakabaring, Palembang, realisasinya sudah mencapai 44 persen. Angka itu meliputi pembangunan tiga tower rusun yang sudah selesai pada tahun 2015 lalu dan pembangunan dua tower rusun yang baru akan selesai pada Desember 2016 ini. "Keseluruhan biaya kalau di Jakabaring itu Rp314 miliar sementara di Kemayoran dan GBK menghabiskan Rp 6,4 trliun," ujar Basuki.

ISTMAN MP

About The Author: admin

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse gravida tempus quam vel laoreet. Duis iaculis nulla non urna semper placerat. Sed eu lorem quis magna hendrerit dignissim eget eget augue.

0 komentar: